KETENTUAN TEKNIS LOMBA GALI
POTENSI SENI DAN KETRAMPILAN ISLAMI
YMC-III-2017
MGMP PAI SMP KABUPATEN
TULUNGAGUNG
PPJH, 13-15 JANUARI 2017
NO
|
JENIS LOMBA
|
KETENTUAN
PERLOMBAAN
|
1
|
Cerdas Cermat Agama
(Koord. Nurhadi)
|
-
Soal berbasis kurikulum 2013 kelas 7 dan 8 dengan komponen materi :
1)
aqidah
2)
akhlaq
3)
fiqih
4)
tajwid
5)
sejarah
6)
makna mufrodad
-
Peserta berjumlah 3 (campuran)
-
Babak Lomba :
1) Babak Penyisihan
dengan mengerjakan tes tulis 60 soal ; diambil 6 regu tertinggi dan akan
dites ulang bagi peserta yang mendapatakan nilai sama.
2) Babak semi
final 6 (atau 3 regu) akan mendapatkan masing-masing 10 soal reguler dan 15
soal rebutan.
3) Babak final
terdiri dari 3 regu ; masing-masing regu akan mendapatkan 10 pertanyaan
reguler dan 20 soal rebutan.
-
Petugas dan juri akan dilakukan oleh tim
yang independen jujur dan bertanggungjawab
|
2
|
Lomba PIDATO (Pa)
(Koord. Tri Prasetyo Utomo, M.Pd.)
|
a. Peserta adalah siswa SMP perorangan
1 (satu) orang putra dan putri.
b. Materi/ TemaPidato :
1)
Manusia makhluk
paling mulia
2)
MeneladaniakhlakRasulullah
SAW.
3)
Ciri-ciri orang
bertaqwa
4)
Mensyukurinikmat
Allah
5)
Berbaktikepada
orang tua
6)
Kewajibanmenuntutilmu
7)
Tolongmenolongdalamkebaikan
8)
Keutamaanmembaca
Al-Qur’an
9)
Cintatanah air
bagiandariiman
10) Hikmahberpuasa
c.
WaktuPidato 10 Menit.
d. Pidatotanpamenggunakanteks.
e. Isi pidato dilengkapi dengan
Al-Qur’an dan Hadits.
f. Atribut atau pakaian tidak
mempengaruhi nilai.
g. Materi Penilaian :
1)
Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a) Boboturaian&cakupan
b) SistimatikaUraian
c)
Ungkapan Bahasa
d) Gaya Bahasa
2)
Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a) Kebenaranbacaan
b) KebenaranTerjemah
c) Kesesuaian dalil dengan
topik dan uraian
3)
BidangRetorika/MetodePenyampaian
a) Vokal,
IntonasidanAksentuasi
b) Ekspresi
c) Adab
-
Durasi maksimal 7 menit.
|
3
|
Lomba PIDATO
(Pi)
|
|
4
|
Lomba
REBANA
(Koord P Eko)
|
-
Peserta maksimal 15 anak campuran
-
Alat non elektrik
-
Durasi lagi maksimal 5 menit x 2 = 10 menit
-
Bentuk nyanyian bisa solo / group
-
Jenis lagu
-
Ada 3 lagu wajib
1)
Kisah
Sang Rosul (Rohatil-Habib Syech)
2)
Maulaya (mahir
zen)
3)
An-Nabi
Shollu ‘Alaihi (Habib Syech)
-
Lagu pilihan : bebas
-
Penilaian :
-
Harmonisasi
-
Kekompakan
-
Vokal
-
Variasi pukulan
-
Adab
-
|
5
|
MTQ TAGHONNY
(pa)
(P Nahrowi )
|
a.
Peserta adalah siswa SMP Putra dan Putri
b. Materi :
1)
Maqro Bebas, maqro didaftarkan kepada
dewan Juri 5 menit sebelum acara di
mulai
2)
Maqro dibaca oleh tiap peserta maksimal selama 5 menit
c.
Kesalahan-kesalahan :
1)
Kesalahan membaca ayat dikategorikan sebagai kesalahan jally.
2)
Kesalahan bidang tajwid, fashahah dan adab, lagu dan suara dalam Musabaqah ini
diklasifikasikan sebagai kesalahan khafi.
3)
KesalahanLagudansuara :
a) Suara kasar, suara pecah,
suara parau, suara lemah, suara tidak mampu tinggi dan hilang pada saat nada
rendah.
b) Jumlah lagu kurang dari
tiga.
c) Lagu pertama kurang dari tiga tangga nada
(Bayyati/ Khusaeni).
d) Peralihan lagu yang tidak
serasi, keutuhan yang tidak jelas dan tempo lagu yang terlalu cepat atau
terlalu lambat.
e) Irama, gaya dan variasi lagu
yang tidak indah.
f) Pengaturan nafas yang tidak
terkendali.Lagu penutup tidak sama dengan lagu pembukaan (Bayati/ Khusaeni).
d. Aspek penilaian
1. tajwid
2. fasahah dan adab
3. bidang suara dan lagu
|
6
|
MTQ TAGHONNY
(pi)
|
|
7
|
TARTIL
(Pa)
(Pak Ta’amin)
|
a.
Peserta adalah siswa SMP Putra dan Putri
b. Materi :
1) Maqro : QS. Al Mulk, Al
Furqan, Al Fath, Al Mu’minun, Lukman
c.
Aspek penilaian
1) tajwid
2) fasahah dan adab
3) bidang suara dan lagu
-
Durasi maksimal 5 menit
-
Maqro yg akan d baca nnti disetor ke panitia
pd TM 2
-
|
8
|
TARTIL
(Pi)
|
|
9
|
LOMBA ADZAN/IQOMAH
(P Imam Ridwan)
|
-
Sebelum tampil
1)
2)
-
Ketika tampil
1) tanpa salam
2) bukan adzan subuh
3) langsung adzan dan iqomah
4) lagu bebas
-
Penilaian
1)
Makhroj/tajwid
2)
Lagu/irama/suara
3)
Adab/etika/kerapian
|
10
|
TAHFIDZ YASIN (Pa/pi)
(P H Acmah Ichwan)
|
a.
Peserta adalah siswa SMP Putra atau Putri
b. Materi :
1)
Maqro di ambil secara acak dari
surat-surat pada juz 30 dengan sistim meneruskan ayat yang diambil dari undian pada kotak yang telah disediakan
2)
Maqro dihafal oleh tiap peserta dengan
meneruskan beberapa ayat sesuai perintah yang telah di terima (dari
undian) dan atau berhenti sesuai perintah Dewan Hakim.
3)
Peserta berkewajiban 3 kali mengambil undian ayat yang disediakan
dalam kotak
4)
d. penilaian
1. tajwid
2. fasahah dan adab
3. kelancaran hafalan
|
11
|
TAHFIDZ
JUZ’AMMA (Pa/pi)
(siti Ngaisah)
|
a. Peserta adalah siswa SMP Putra atau Putri
b. Materi :
1) Maqro juz amma (Q.S. An Naba’ dst.) dengan sistim meneruskan
ayat yang diambil dari kotak yang telah disediakan
2) Maqro dihafal oleh tiap
peserta maksimal selama 8 menit atau menunggu tanda berhenti dari Dewan
Hakim.
3) Peserta berkewajiban 3 kali
mengambil undian ayat yang disediakan dalam kotak
d. penilaian
1. tajwid
2. fasahah dan adab
3. kelancaran hafalan
-
|
12
|
Busana Muslimah Harian Non Salon dan Non
Pesta
( B Mavrik)
|
-
Tema “ i love hijab”
-
Jenis pakaian : casual+ hijab casual
-
Jenis sepatu : wedges, flats, boots,
sneaker, heels
-
Gaya
casual : gaya casual adalah gaya yang terlihat santai, sederhana &
sopan
-
Peserta datang 15 menit sebelum acara
dimulai
-
Peserta memasuki tempat perlombaan dengan
berbusana muslimah tanpa make-up, mengitari catwalk 2x
-
Peserta merias diri selama 20-25 menit
-
Peserta memeragakan busana sesuai dengan
nomor urut
-
Seluruh peserta mengitari catwalk sebanyak
2x
-
Penilaian :
-
Kreasi dan cara berbusana
Meliputi ; kesesuaian tema,kreasi
berhijab, padu padan warna, dan aksesoris yang dikenakan.
-
Cara berjalan (performance)
Meliputi ; teknik catwalk,
keserasian gerak dengan music, pose (gerture/body language)
-
Ekspresi dan make-up
Meliputi ; cara berdandan pemakaian
kosmetik harus disesuaikan dengan jenis pakaian dan usia (tidak menor)
|
13
|
Lomba
Kaligrafi
( P Muselim)
|
a.
Peserta
Peserta adalah siswa SMP perorangan 1 (satu) orang putra/
putri.
b.
Materi (PilihanTeks Kaligrafi)
1) Jenis tulisan bebas
2) Peserta boleh membawa contoh
tulisan ( tidak diperbolehkan menggunakan mal)
3) Bahan tulisan dipilih salah
satu dari pilihan sebagai berikut :
a) QS. Luqman ( 31 ): 11.
b) ”Yaa Bunayya Laa Tusyrik
billaahi, innasysyirka lazhulmun ’azhiim”.
c) QS. Al-Qamar ( 54 ) : 17
d) ”Wa laqad yassarnal quraana
lidzdzikri fahal min mudzdzakir”.
e) QS. Al-Mujadalah ( 49 ) : 11
f) ”Yarfa’illahul ladziina
aamanuu minkum wal ladziina uutul ’ilma darajaatin”.
g) Hadits Nabi Saw :
”Khairukum man ta’allamal
quraana wa’allamahuu”.
h) Hadits Nabi Saw :
”Zayyinuu manaazilakum
bishshalatai wa tilaawatil qur’an”.
-
-
Area stiril dr bantuan luar
|
14
|
Lomba Drama islami
(Pak Mujiono)
|
a.
Peserta Siswa SMPterdiri dari maksimal 10 orang Putra/ Putri/
Campuran
b.
Tema & inti : Cerita pembentukan Aqidah-Akhlaq yang mengacu pada
ayat Al-Qur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan utama). Kemasan ceritanya
dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Al-Hadits, Sejarah Islam
sejak masa Rasulullah Saw sampai dengan masa Tabi’in (para Imam).
c.
Tiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan
Hakim (diketik rapi sebanyak 3 kali) dan menyebutkan identitas
pengarangnya.Durasi waktu maksimal 10 menit (sudah termasuk persiapan).
d.
Live (suara langsung/tanpa dubbing) kecuali musik pengiring.
e.
Kriteria penilaian :
1) Akting.
2) Isi pesan yang disampaikan.
3) Alur cerita.
|
15
|
Lomba Cerita islam
(B Sakdiyah)
|
a.
Peserta Siswa/siswi SMP (perorangan)
b.
Tema & inti : Cerita pembentukan Aqidah-Akhlak yang mengacu pada ayat Al-Qur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan
utama). Kemasan ceritanya dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an,
Al-Hadits, sejarah Islam sejak masa
Rasulullah Saw sampai dengan masa Tabi’in (para Imam).
c.
Tiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan
Hakim (diketik rapi sebanyak 3 exemplar) dengan menyebutkan identitas peserta.
d.
Durasi waktu maksimal 10 menit (sudah termasuk
persiapan).
e.
Peserta tidak
boleh membawa teks
f.
Kriteria penilaian :
1) Akting/penjiwaan
2) Isi pesan yang disampaikan.
3) Alur cerita.
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar