Minggu, 08 Januari 2017

KETENTUAN TEKNIS LOMBA GALI POTENSI SENI DAN KETRAMPILAN ISLAMI YMC-III-2017 MGMP PAI SMP KABUPATEN TULUNGAGUNG PPJH, 13-15 JANUARI 2017



KETENTUAN TEKNIS LOMBA GALI POTENSI SENI DAN KETRAMPILAN ISLAMI
YMC-III-2017
MGMP PAI SMP KABUPATEN TULUNGAGUNG
PPJH, 13-15 JANUARI 2017

NO
JENIS  LOMBA
KETENTUAN PERLOMBAAN
1
Cerdas Cermat Agama
(Koord. Nurhadi)
-       Soal berbasis kurikulum 2013 kelas 7 dan 8  dengan komponen materi :
1)    aqidah
2)    akhlaq
3)    fiqih
4)    tajwid
5)    sejarah
6)    makna mufrodad
-       Peserta berjumlah 3 (campuran)
-       Babak Lomba :
1)    Babak Penyisihan dengan mengerjakan tes tulis 60 soal ; diambil 6 regu tertinggi dan akan dites ulang bagi peserta yang mendapatakan nilai sama.
2)    Babak semi final 6 (atau 3 regu) akan mendapatkan masing-masing 10 soal reguler dan 15 soal rebutan.
3)    Babak final terdiri dari 3 regu ; masing-masing regu akan mendapatkan 10 pertanyaan reguler dan 20 soal rebutan.
-       Petugas dan juri akan dilakukan oleh tim yang independen jujur dan bertanggungjawab
2
Lomba PIDATO (Pa)

(Koord. Tri Prasetyo Utomo, M.Pd.)
a.    Peserta adalah siswa SMP perorangan 1 (satu) orang putra dan putri.
b.    Materi/ TemaPidato :
1)        Manusia makhluk paling mulia
2)        MeneladaniakhlakRasulullah SAW.
3)        Ciri-ciri orang bertaqwa
4)        Mensyukurinikmat Allah
5)        Berbaktikepada orang tua
6)        Kewajibanmenuntutilmu
7)        Tolongmenolongdalamkebaikan
8)        Keutamaanmembaca Al-Qur’an
9)        Cintatanah air bagiandariiman
10)     Hikmahberpuasa
c.     WaktuPidato 10 Menit.
d.    Pidatotanpamenggunakanteks.
e.    Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits.
f.     Atribut atau pakaian tidak mempengaruhi nilai.
g.    Materi Penilaian :
1)        Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a)    Boboturaian&cakupan
b)    SistimatikaUraian
c)     Ungkapan Bahasa
d)    Gaya Bahasa
2)             Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a)    Kebenaranbacaan
b)   KebenaranTerjemah
c)    Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)             BidangRetorika/MetodePenyampaian
a)    Vokal, IntonasidanAksentuasi
b)   Ekspresi
c)    Adab
-       Durasi maksimal 7 menit.
3
Lomba PIDATO  (Pi)
4
Lomba REBANA

(Koord P Eko)
-       Peserta maksimal 15 anak campuran
-       Alat non elektrik
-       Durasi lagi maksimal 5 menit x 2 = 10 menit
-       Bentuk nyanyian bisa solo / group
-       Jenis lagu
-          Ada 3 lagu wajib
1)        Kisah Sang Rosul (Rohatil-Habib Syech)
2)        Maulaya (mahir zen)
3)        An-Nabi Shollu ‘Alaihi (Habib Syech)
-          Lagu pilihan : bebas
-       Penilaian :
-          Harmonisasi
-          Kekompakan
-          Vokal
-          Variasi pukulan
-          Adab
-           
5
MTQ TAGHONNY  (pa)

(P Nahrowi )
a.        Peserta adalah siswa SMP Putra dan Putri
b.       Materi :
1)        Maqro Bebas, maqro didaftarkan kepada dewan Juri 5 menit sebelum acara di mulai
2)        Maqro dibaca oleh tiap peserta maksimal selama 5 menit
c.        Kesalahan-kesalahan :
1)        Kesalahan membaca ayat dikategorikan sebagai kesalahan jally.
2)        Kesalahan bidang tajwid, fashahah dan adab, lagu dan suara dalam Musabaqah ini diklasifikasikan sebagai kesalahan khafi.
3)        KesalahanLagudansuara :
a)    Suara kasar, suara pecah, suara parau, suara lemah, suara tidak mampu tinggi dan hilang pada saat nada rendah.
b)   Jumlah lagu kurang dari tiga.
c)    Lagu pertama kurang dari tiga tangga nada (Bayyati/ Khusaeni).
d)   Peralihan lagu yang tidak serasi, keutuhan yang tidak jelas dan tempo lagu yang terlalu cepat atau terlalu lambat.
e)   Irama, gaya dan variasi lagu yang tidak indah.
f)     Pengaturan nafas yang tidak terkendali.Lagu penutup tidak sama dengan lagu pembukaan (Bayati/ Khusaeni).
d.       Aspek penilaian
1. tajwid
2. fasahah dan adab
3. bidang suara dan lagu
6
MTQ TAGHONNY  (pi)
7
TARTIL  (Pa)

(Pak Ta’amin)
a.        Peserta adalah siswa SMP Putra dan Putri
b.       Materi :
1)    Maqro : QS. Al Mulk, Al Furqan, Al Fath, Al Mu’minun, Lukman
c.        Aspek penilaian
1)    tajwid
2)    fasahah dan adab
3)    bidang suara dan lagu

-       Durasi maksimal 5 menit
-       Maqro yg akan d baca nnti disetor ke panitia pd TM 2
-        
8
TARTIL  (Pi)
9
LOMBA ADZAN/IQOMAH

(P Imam Ridwan)
-       Sebelum tampil
1)     
2)     
-       Ketika tampil
1) tanpa salam
2) bukan adzan subuh
3) langsung adzan dan iqomah
4) lagu bebas
-       Penilaian
1)    Makhroj/tajwid
2)    Lagu/irama/suara
3)    Adab/etika/kerapian
10
TAHFIDZ YASIN (Pa/pi) 
(P H Acmah Ichwan)
a.        Peserta adalah siswa SMP Putra atau Putri
b.       Materi :
1)        Maqro di ambil secara acak dari surat-surat pada juz 30 dengan sistim meneruskan ayat yang diambil dari undian pada kotak yang telah disediakan
2)        Maqro dihafal oleh tiap peserta dengan meneruskan beberapa ayat sesuai perintah yang telah di terima (dari undian)  dan atau berhenti sesuai perintah Dewan Hakim.
3)        Peserta berkewajiban 3 kali mengambil undian ayat yang disediakan dalam kotak
4)        d. penilaian
1. tajwid
2. fasahah dan adab
3. kelancaran hafalan

11
TAHFIDZ  JUZ’AMMA (Pa/pi) 

(siti Ngaisah)
a.    Peserta adalah siswa SMP Putra atau Putri
b.    Materi :
1)    Maqro juz amma (Q.S. An Naba’ dst.) dengan sistim meneruskan ayat yang diambil dari kotak yang telah disediakan
2)    Maqro dihafal oleh tiap peserta maksimal selama 8 menit atau menunggu tanda berhenti dari Dewan Hakim.
3)    Peserta berkewajiban 3 kali mengambil undian ayat yang disediakan dalam kotak
d. penilaian
1. tajwid
2. fasahah dan adab
3. kelancaran hafalan
-        
12
Busana Muslimah Harian Non Salon dan Non Pesta
( B Mavrik) 
-       Tema “ i love hijab”
-       Jenis pakaian : casual+ hijab casual
-       Jenis sepatu : wedges, flats, boots, sneaker, heels
-       Gaya casual : gaya casual adalah gaya yang terlihat santai, sederhana & sopan
-       Peserta datang 15 menit sebelum acara dimulai
-       Peserta memasuki tempat perlombaan dengan berbusana muslimah tanpa make-up, mengitari catwalk 2x
-       Peserta merias diri selama 20-25 menit
-       Peserta memeragakan busana sesuai dengan nomor urut
-       Seluruh peserta mengitari catwalk sebanyak 2x
-       Penilaian :
-          Kreasi dan cara berbusana
Meliputi ; kesesuaian tema,kreasi berhijab, padu padan warna, dan aksesoris yang dikenakan.
-          Cara berjalan (performance)
Meliputi ; teknik catwalk, keserasian gerak dengan music, pose (gerture/body language)
-          Ekspresi dan make-up
Meliputi ; cara berdandan pemakaian kosmetik harus disesuaikan dengan jenis pakaian dan usia (tidak menor)
13
Lomba  Kaligrafi  
( P Muselim)
a.         Peserta
         Peserta adalah siswa SMP perorangan 1 (satu) orang putra/ putri.
b.        Materi  (PilihanTeks Kaligrafi)
1)    Jenis tulisan bebas
2)    Peserta boleh membawa contoh tulisan ( tidak diperbolehkan menggunakan mal)
3)    Bahan tulisan dipilih salah satu dari pilihan sebagai berikut :
a)      QS. Luqman  ( 31 ): 11.
b)      ”Yaa Bunayya Laa Tusyrik billaahi, innasysyirka lazhulmun ’azhiim”.
c)       QS. Al-Qamar ( 54 ) : 17
d)      ”Wa laqad yassarnal quraana lidzdzikri fahal min mudzdzakir”.
e)      QS. Al-Mujadalah ( 49 ) : 11
f)       ”Yarfa’illahul ladziina aamanuu minkum wal ladziina uutul ’ilma darajaatin”.
g)      Hadits Nabi Saw :
”Khairukum man ta’allamal quraana wa’allamahuu”.

h)      Hadits Nabi Saw :
”Zayyinuu manaazilakum bishshalatai wa tilaawatil qur’an”.
-        
-       Area stiril dr bantuan luar
14
Lomba Drama islami

(Pak Mujiono)
a.        Peserta Siswa SMPterdiri dari maksimal 10 orang Putra/ Putri/ Campuran
b.       Tema & inti : Cerita pembentukan Aqidah-Akhlaq yang mengacu pada ayat Al-Qur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan utama). Kemasan ceritanya dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Al-Hadits, Sejarah Islam sejak masa Rasulullah Saw sampai dengan masa Tabi’in (para Imam).
c.        Tiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan Hakim (diketik rapi sebanyak 3 kali) dan menyebutkan identitas pengarangnya.Durasi waktu maksimal 10 menit (sudah termasuk  persiapan).
d.       Live (suara langsung/tanpa dubbing) kecuali musik pengiring.
e.       Kriteria penilaian :
1)    Akting.
2)    Isi pesan yang disampaikan.
3)    Alur cerita.
15
Lomba Cerita islam

(B Sakdiyah)
a.       Peserta Siswa/siswi SMP (perorangan)
b.       Tema & inti : Cerita pembentukan Aqidah-Akhlak yang mengacu pada ayat Al-Qur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan utama). Kemasan ceritanya dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Al-Hadits, sejarah Islam sejak masa Rasulullah Saw sampai dengan masa Tabi’in (para Imam).
c.        Tiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan Hakim (diketik rapi sebanyak 3 exemplar) dengan menyebutkan identitas peserta.
d.       Durasi waktu maksimal 10 menit (sudah termasuk persiapan).
e.       Peserta tidak boleh membawa teks
f.        Kriteria penilaian :
1)    Akting/penjiwaan
2)    Isi pesan yang disampaikan.
3)    Alur cerita.
-        

Tidak ada komentar: